Oleh: zendrohareflen | September 3, 2012

NASKAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “Keragaman BUdaya di Indonesia”

Naskah Pengembangan media Pembelajaran

“Keragaman Budaya di Indonesia”

OLEH:
Zendro Hareflen
(A1G010044)
Dosen Pembimbing: Dr. Alexon, M.pd

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2011

Garis Besar Naskah Media Pembelajaran
Multimedia (Power Point)

A. Tujuan Pembuatan Media
 Agar Pembelajaran lebih menarik perhatian siswa
 Materi pembelajaran akan lebih jelas dipahami oleh siswa
 Siswa berperan aktif dalam pembelajaran
 Metode belajar akan lebih bervariasi

B. Target Siswa
 Siswa kelas IV (Empat), semester I (Satu).

C. Jenis Media
 Multimedia (Power Point)

D. Deskripsikan secara singkat materi pelajaran yang akan dituangkan dalam media.
Dalam powerpoint materi yang akan dituangkan adalah tentang Keragaman Buadaya di Indonesia, menjelaskan Bentuk-bentuk Keragaman Suku Bangsa dan Budaya, dan juga siswa dapat mengetahui apa itu adat dan kebiasaan masyarakat.
E. Alat dan Bahan yang diperlukan.
 Alat :
1. Notebook
2. Mouse
 Bahan :
1. Aplikasi Ms. Office PowerPoint
2. Sumber Materi (Buku BSE Kelas VI , Buku panduan IPS kelas VI,dan Internet)

F. Cara Membuat
 Hidupkan Laptop/ Notebook.
 Buka Aplikasi Ms. Office PowerPoint.
 Buat slide baru dan gunakanlah background yang menarik .
 Masukan materi yang akan di ajar ke dalam slide yang sudah disiapkan.
 Beri efek dan animasi pada slide dan huruf untuk menarik perhatian peserta didik
 Setelah Power Point sudah selesai dibuat simpan data di dalam folder

G. Cara Menggunakan
 Hidupkan Laptop/ Notebook
 Buka data Power Point yang sudah disimpan.
 Sambungkan LCD pada Laptop/ Notebook yang akan digunakan.
 Hidupkan LCD.
 Klik F5 pada keyboard
 Setelah semuanya siap dan layar Laptop/ Notebook sudah tampil di layar, maka power point siap untuk dipersentasikan.
 Klik enter untuk mengganti slide
 Klik kanan pilih end show untuk mengakhiri tampilan powerpoint

H. Pesan Moral / Karakter yang dikembangkan
 Dalam media powerpoint digunakan agar siswa lebih fokus pada pembelajaran yang disampaikan dan lebih menarik perhatian siswa karena banyak gambar yang dapat di lihat atau tersaji sehingga lebih memperjelas siswa dalam memahami materi.
 Melatih siswa untuk menyimak dan mengamati persentasi PowerPoint. Displin
 teliti dan pantang menyerah
 dapat kreatif dan bekerja keras
 berani mengungkapkan pendapat
 bertanggung jawab

I. Lain-Lain
 Cara Pemeliharaan / Cara Penyimpanan
• Klik ctrl + S
• Buat nama di file name
• Klik save

Garis Besar Naskah Media Belajar
2 Dimensi / Poster
A.Tujuan Pembuatan Media
 Agar Pembelajaran lebih menarik perhatian siswa
 Materi pembelajaran akan lebih jelas dipahami oleh siswa
 Siswa berperan aktif dalam pembelajaran
 Metode belajar akan lebih bervariasi
 Agar siswa dapat mengerti apa itu keragaman budaya di indonesia.
 Memudahkan dan membantu guru dalam mengajar.

B.Target Siswa
 Siswa kelas IV (Empat), semester I (satu).

C. Jenis Media
 Media 2 dimensi/Poster

D. Deskripsikan secara singkat materi pelajaran yang akan dituangkan dalam media.
Dalam media poster yang dituangkan adalah materi tentang keragaman budaya di indonesia, siswa dapat mengetahui bentuk-bentuk Keragaman Suku Bangsa dan budaya yang ada di indonesia, yaitu : Keragaman Suku Bangsa, Keragaman Budaya meliputi : (Bahasa daerah, Kesenian Daerah, Rumah Adat, Pakaian Adat, Senjata tradisional, dan Alat Musik Tradisional), dapat mengetahui Adat dan Kebiasaan Masyarakat, bahkan siswa mendapatkan bagaimana cara Menghargai Keragaman Suku bangsa dan Budaya dan Sikap terhadap keragaman Suku Bangsa dan Budaya.
Siswa disuruh maju mencari
F. Alat dan Bahan yang diperlukan.
 Alat:
1. Gunting
2. Mistar
3. Pensil
4. Spidol (Hitam)
5. Penghapus
6. Tali
 Bahan:
1. Karton Hitam
2. Lem kertas
3. Double tip
4. Kertas padi
6. kertas origami
7. Gambar kesenian daerah, pakaian adat, senjata tradiosonal, rumah adat, dan alat musik tradiosonal

F. Cara Membuat
1. Siapkan alat dan bahan.
2. Tempelkanlah kertas karton (hitam) di atas karton padi dengan menggunaka
3. Guntinglah gambar keragaman budaya di indonesia yang meliputi gambar : kesenian daerah, rumah adat, pakaian adat, senjata tradiosonal, dan alat musik Tradiosonal
4. Tempelkanlah gambar gambar tersebut pada kertas karton padi yang sudah di siapkan.
5. Buatlah nama keragaman budaya indonesia pada kertas .
6. Tempelkan nama kergaman budaya tersebut berdasarkan dengan gambar
7. Kasi tali pada media poster tersebut agar lebih mudah menggantungkannya,

G. Cara Menggunakan
1. Siswa memperhatikan gambar yang ada pada media 2 dimensi (poster) yang diperlihatkan.
2. Meminta siswa untuk menyebutkan dan menempelkan nama asal daerah untuk dicocokan dengan gambar keragaman budaya yang ada pada media poster .

H. Pesan Moral / Karakter yang dikembangkan.
 Dalam media 2 dimensi/ poster digunakan agar siswa dapat mengamati gambar kemudian siswa dapat mengetahui keragaman budaya Indonesia dan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya. Sehingga siswa dapat berperan aktif pada pembelajaran serta dapat menambah pengetahuaan siswa.
I. Pemeliharaan / Cara Penyimpanan Cara
1. Simpan ditempat yang kering
2. Masukkkan dalam plastik
3. Simpan ditempat bersih.

Garis Besar Naskah Media Pembelajaran
3 Dimensi

A.Tujuan Pembuatan Media
 Agar Pembelajaran dapat lebih menarik perhatian siswa
 Materi pembelajaran akan lebih jelas dipahami oleh siswa dengan media yang digunakan
 Metode belajar akan lebih bervariasi
 Siswa beperan aktif dalam pembelajaran
 Untuk memudahkan siswa mengetahui keragaman budaya indonesia

B. Target Siswa
 Siswa kelas IV, semester I.

C. Jenis Media
 Tiga Dimensi

D. Deskripsikan secara singkat materi pelajaran yang akan dituangkan dalam media.
Dalam media 3 dimensi yang dituangkan adalah materi kergaman budaya indonesia, yang mana dalam media tiga dimensi ini saya membawa bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya, yaitu membawa Pakaian adat dan alat musik tradiosonal. Dengan media 3 dimensi pakaian adat dan alat musik tradiosonal siswa dapat mengetahui dan lebih memahami bahkan siswa boleh memainkan alat musik.
E. Alat dan Bahan yang diperlukan
Pakaian adat dan alat musik tradiosonal.
F. Cara Membuat

G. Cara Menggunakan
1. Siswa mengamati pakaian adat dan alat musik tradiosonal
2. Melakukan percobaan memainkan alat musik tradiosonal

H. Pesan Moral / Karakter yang dikembangkan
Dalam media 3 dimensi digunakan agar siswa dapat mengetahui bentuk keragaman suku bangsa dan budaya, sehingga siswa dapat berperan aktif pada pembelajaran dan mengetahui betul bahwa keragaman budaya merupakan aset bangsa yang harus dipertahankan
I. Lain-Lain
 Cara Pemeliharaan / Cara Penyimpanan
Simpanlah media 3 dimensi itu di tempat yang kering.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: