Laporan Pratikum
“INTERAKSI KOMPONEN ABIOTIK DAN BIOTIK PADA EKOSISTEM KEBUN PGSD”
Disusun OLEH:
Onnie Muldianto (A1G010002)
Sulistia Ningsi (A1G010007)
Hukmah sulistia (A1G010009)
Ita Widia Ningsih (A1G010016)
Benni Sastri Yani (A1G010023)
Dita Ayusta Ningsih (A1G009034)
Zendro Hareflen (A1G010044)
Dosen Pembimbing :
Dra Dalifah, M.pd.
Dr. Hj. Endang Widi Winarni, M.Pd
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2011
KEGIATAN 1
INTERAKSI KOMPONEN ABIOTIK DAN BIOTIK PADA EKOSISTEM KEBUN SEKOLAH PGSD
Kegiatan 1
Tujuan : mengidentifikasikan tumbuhan dan hewan yang hidup pada ekosistem kebun sekolah.
Petunjuk kegiatan
- Amati jenis-jenis hewan yang dapat ditemukan dikebun sekolah
- Amati alat gerak, jenis makanannya, dan cara produksi nya
- Masukkan data hasil pengamatan didalam table berikut
Tabel 1 hasil pengamatan jenis-jenis hewan yang hidup di kebun sekolah
No | Nama Hewan | Tempat hidupnya | Alat geraknya | Jenis makanannya | Cara reproduklsinya |
1 | Capung | Di udara | Sayap | Tumbuh-tumbuhan | Bertelur |
2 | Ayam | Di darat | kaki | Biji-bijian, tumbuh-tumbuhan, dan hewan-hewan kecil | Bertelur |
3 | Cacing | Di dalam tanah | Segmen-segmen perutnya | Sisa-sisa mahluk hidup | Bertelur |
4 | Nyamuk | Di udara | Sayap | Darah | Bertelur |
5 | Semut | Di dalam tanah | Kaki | Biji-bijian, sisa-sisa mahluk hidup, gula, dll. | Bertelur |
Pertanyaan :
- Sebutkan hewan yang tergolong herbivora
- Sebutkan hewan yang tergolong karnivora
- Sebutkan hewan yang tergolong omnivora
- Sebutkan hewan yang berperan sebagai decomposer atau pengurai
Jawaban :
- Yang tergolong herbivore adalah Capung
- Yang tergolong karnivora adalah nyamuk
- Yang tergolong omnivore adalah ayam dan semut
- Yang termasuk decomposer adalah cacing
Kegiatan 2
- Amati jenis-jenis tumbahan yang hidup di kebun sekolah
- Amati cara hidupnya dan cara berkembang biaknya
- Masukkan data hasil pengamatan dalam table berikut
Tabel 2 hasil pengamatan jenis-jenis tumbuhan yang hidup di kebun sekolah
No | Nama tumbuhan | Cara perkembangan biaknya |
Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan oleh hewan dan manusia |
Jumlah tumbuhan |
||||
Akar | Umbi | Biji | Batang | Tunas | ||||
1 | Kangkung |
P |
Batang dan daun | 14 | ||||
2 | Nanas |
P |
Buah | 2 | ||||
3 | Rumput |
P |
Tidak ada | ± 20 | ||||
4 | Kunyit |
P |
Umbi dan daun | 4 |
Pertanyaan/bahan diskusi:
- Sebutkan populasi tumbuhan yang hidup di kebun sekolah
- Sebutkan jenis tumbuhan yang cara berkembang biaknya secara vegetatif
- Sebutkan jenis tumbuhan yang cara berkembang biaknya secara generatif
- Jelaskan perbedaan antara individu dan populasi
Jawab :
- Populasi yang ada dikebun sekolah yaitu kunyit, rumput, kangkung, dan nanas
- Tumbuhan yang berkembang biak secara vegetative adalah nanas, kunyit, dan rumput
- Tumbuhan yang berkembang biak secara generative adalah kangkung
- Individu adalah suatu organisme yang terdiri dari sel, jaringan, organ dan system organ.
Populasi adalah kumpulan dari beberapa individu yang sejenis yang tinggal disuatu tempat.
Kegiatan 3
Tujuan:
- 1. Menentukan suhu udara dan suhu tanah di kebun sekolah
- Menentukan derajat keasaman tanah
Alat dan bahan :
- 1. Gelas ukur : 1 buah
- Pengaduk kaca atau plastik
- Termometer
- Cawan petri : 2 buah
- PH-meter
- Aquadest atau air netral
- Tanah dari kebun sekolah
- Tanah humus
Petunjuk kegiatan :
- Ukurlah suhu udara dan suhu tanah di dalam ekosistem kebun sekolah
- Ambillah contoh tanah dari kebun sekolah kira- kira 1 sendok makan dan masukkan ke dalam cawan petri kemudian hancurkan dan tambahkan air netral serta aduklah hingga rata
- Ambillah tanah humus kira-kira 1 sendok makan dan hancurkan kemudian masukkan kedalam cawan petri kemudian hancurkan dan tambahkan air netra serta aduklah hingga rata.
- Tunggulah hingga air kembali menjadi jernih dan ukurlah berapa PH atau derajat keasaman air tanah terdebut
- Tulislah berapa besarnya PH atau derajat keasaman kedua contoh tanah tersebut dalam tabel
No |
Jenis tanah |
PH |
Asam atau Basa |
Subur atau Tidak subur |
1 | Tanah kebun sekolah |
6 |
Asam |
Tidak subur |
2 | Tanah humus |
8 |
Basa |
Subur |
Pertanyaan:
Dari dua contoh tanah diatas, jenis tanah manakah yang subur bagi tumbuhan hijau? Jelaskan mengapa demikian.
Jawab:
Tanah humus, karena tanah humus mengandung zat organik yang banyak dibutuhkan oleh tumbuhan.
Kegiatan 4
Tujuan : menentukan kandukan air dalam tanah atau daya serap tanah terhadap air
Alat dan bahan:
- Gelas ukur : 1 buah
- Corong plastik : 1 buah
- Kantung plastik : 3 buah
- Kertas saring : 3 lembar (15 cm X 15 cm)
- Timbangan
- Kertas Koran
- Tabung erlemeyer : 1 buah
- Air bersih : 300 ml
- Pisau
10. Tanah kebun sekolah : 100 gram
- Pasir : 100 gram
12. Tanah humus : 100 gram
Permasalahan:
- Jenis tanah manakah yang paling tinggi dapat menyiman air?
- Jenis tanah manakah yang paling sedikit menyimpan air?
Mari kita selidiki melalui dua cara
Penyelidikan pertama:
- Ambillah tanah basah dari kebun sekolah sebanyak 100 gram, kemudian jemurlah di atas kertas Koran hingga kering
- Ambillah pasir basah sebanyak 100 gram kemudian jemurlah di atas kertas Koran hingga kering
- Ambillah tanah humus sebanyak 100 gram kemudian jemurlah di atas kertas Koran hingga kering
- Timbanglah kembali tanah dan pasir yang sudah kering
- Hitunglah daya serap tanah terhadap air dengan rumus sebagai berikut:
Daya serap tanah = X 100 %
Tanah kebun sekolah = x 100%
= 1%
Tanah humus = x 100%
= 50%
Tanah pasir = x 100%
= 0,5%
Penyelidikan cara kedua:
- Siapkan tabung erlemeyer yang kering
- Siapkan corong plastik dan lapisilah menggunakan kertas penyaring dan letakkan di atas gelas erlemeyer
- Tuangkan tanah yang sudah dikeringkan pada cara pertama di atas corong plastic yang telah dilapisi dengan kertas penyaring , kemudian tuangkan air sebanyak 100 ml secara perlahan-lahan. Tunggulah hingga tidak ada lagi air yang menetes ke dalam tabung erlemeyer.
- Ukurlah jumlah air yang menetes ke dalam masing-masing tabung erlemeyer
- Hitunglah daya serap tanah terhadap air dengan rumus sebagai berikut:
Daya serap tanah = X 100%
ü Tanah kebun sekolah = x 100%
=x 100%
= 55%
ü Tanah humus = x 100%
=x 100%
= 40%
ü Pasir =x100%
=x 100%
=25 %
Pertanyaan:
- Sebutkan 3 ciri tanah yang subur bagi tumbuhan hijau
- Sebutkan 3 cara mempersiapkan kebun supaya tanahnya menjadi subur
- Sebutkan 3 cara merawat tanaman di kebun sekolah agar tumbuhan dapat tumbuh subur
Jawab:
- Struktur tanahnya bagus yaitu: 1. butir-butir tanahnya renggang tak terlalu besar dan tdk terlalu kecil, Punya garam-garam dalam jumlah banyak sebagai bahan makanan dan tumbuhan 2. Punya persediaan air yg cukup (zat hara)3. Tanahnya berwarna coklat kehitam-hitaman.
- 1. Lahan dibersihkan dari sisa-sisa tanaman atau perakaran dari pertanaman sebelumnya, 2. Tanah dibajak atau dicangkul sedalam 30 – 40 cm, kemudian dikeringkan selama 7 – 14 hari. 3. Pada tanah yang pH-nya masam, bersamaan dengan pemberian pupuk kandang dilakukan pengapuran sebanyak 100 – 125 gram/tanaman.
- 1. Disiram setiap hari (pagi dan sore)
2.Di beri pupuk kandang
3.Di bersikan dari hama pengganggu
keren uyyy tugas kamu….bagus gw suka gaya LOe
By: cintaanru on Desember 16, 2011
at 2:31 am
makasi
By: pgsdunib on Desember 16, 2011
at 4:39 am
format tulisannya y dirapikan lg…biar tambah ok
By: emilda saputri on Desember 28, 2011
at 3:00 pm
ya makasi,
By: pgsdunib on Desember 28, 2011
at 4:12 pm