Oleh: zendrohareflen | Desember 12, 2011

IPA kelas A 1 Kel. 3 “INTERAKSI KOMPONEN ABIOTIK DAN BIOTIK PADA EKOSISTEM KEBUN PGSD

Laporan Pratikum

“INTERAKSI KOMPONEN ABIOTIK DAN BIOTIK PADA EKOSISTEM KEBUN PGSD”

Disusun OLEH:

Onnie Muldianto              (A1G010002)

Sulistia Ningsi           (A1G010007)

Hukmah sulistia               (A1G010009)

Ita Widia Ningsih              (A1G010016)

Benni Sastri Yani              (A1G010023)

Dita Ayusta Ningsih          (A1G009034)

Zendro Hareflen               (A1G010044)

Dosen Pembimbing :

Dra Dalifah, M.pd.

Dr. Hj. Endang Widi Winarni, M.Pd


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS BENGKULU

2011

KEGIATAN 1

INTERAKSI KOMPONEN ABIOTIK DAN BIOTIK PADA EKOSISTEM KEBUN SEKOLAH PGSD

Kegiatan 1

Tujuan : mengidentifikasikan tumbuhan dan hewan yang hidup pada ekosistem kebun sekolah.

Petunjuk kegiatan

  1. Amati jenis-jenis hewan yang dapat ditemukan dikebun sekolah
  2. Amati alat gerak, jenis makanannya, dan cara produksi nya
  3. Masukkan data hasil pengamatan didalam table berikut

Tabel 1 hasil pengamatan jenis-jenis hewan yang hidup di kebun sekolah

No Nama Hewan Tempat hidupnya Alat geraknya Jenis makanannya Cara reproduklsinya
1 Capung Di udara Sayap Tumbuh-tumbuhan Bertelur
2 Ayam Di darat kaki Biji-bijian, tumbuh-tumbuhan, dan hewan-hewan kecil Bertelur
3 Cacing Di dalam tanah Segmen-segmen perutnya Sisa-sisa mahluk hidup Bertelur
4 Nyamuk Di udara Sayap Darah Bertelur
5 Semut Di dalam tanah Kaki Biji-bijian, sisa-sisa mahluk hidup, gula, dll. Bertelur

Pertanyaan :

  1. Sebutkan  hewan yang tergolong herbivora
  2. Sebutkan hewan yang tergolong karnivora
  3. Sebutkan hewan yang tergolong omnivora
  4. Sebutkan hewan yang berperan sebagai decomposer atau pengurai

Jawaban :

  1. Yang tergolong herbivore adalah Capung
  2. Yang tergolong karnivora adalah nyamuk
  3. Yang tergolong omnivore adalah ayam dan semut
  4. Yang termasuk decomposer adalah cacing

Kegiatan 2

  1. Amati jenis-jenis tumbahan yang hidup di kebun sekolah
  2. Amati cara hidupnya dan cara berkembang biaknya
  3. Masukkan data hasil pengamatan dalam table berikut

Tabel 2 hasil pengamatan jenis-jenis tumbuhan yang hidup di kebun sekolah

No Nama tumbuhan Cara perkembangan biaknya

Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan oleh hewan dan manusia

Jumlah tumbuhan

Akar Umbi Biji Batang Tunas
1 Kangkung

P

Batang dan daun 14
2 Nanas

P

Buah 2
3 Rumput

P

Tidak ada ± 20
4 Kunyit

P

Umbi dan daun 4

Pertanyaan/bahan diskusi:

  1. Sebutkan populasi tumbuhan yang hidup di kebun sekolah
  2. Sebutkan jenis tumbuhan yang cara berkembang biaknya secara vegetatif
  3. Sebutkan jenis tumbuhan yang cara berkembang biaknya secara generatif
  4. Jelaskan perbedaan antara individu dan populasi

Jawab :

  1. Populasi yang ada dikebun sekolah yaitu kunyit, rumput, kangkung, dan nanas
  2. Tumbuhan yang berkembang biak secara vegetative adalah nanas, kunyit, dan rumput
  3. Tumbuhan yang berkembang biak secara generative adalah kangkung
  4. Individu adalah suatu organisme yang terdiri dari sel, jaringan, organ dan system organ.

Populasi adalah kumpulan dari beberapa individu yang sejenis yang tinggal disuatu tempat.

Kegiatan 3

Tujuan:

  1. 1.  Menentukan suhu udara dan suhu tanah di kebun sekolah
  2.  Menentukan derajat keasaman tanah

Alat dan bahan :

  1. 1.         Gelas ukur                                : 1 buah
  2.  Pengaduk kaca atau plastik
  3. Termometer
  4. Cawan petri                              : 2 buah
  5. PH-meter
  6. Aquadest atau air netral
  7. Tanah dari kebun sekolah
  8. Tanah humus

Petunjuk kegiatan :

  1. Ukurlah suhu udara dan suhu tanah di dalam ekosistem kebun sekolah
  2. Ambillah  contoh tanah dari kebun sekolah kira- kira 1 sendok makan dan masukkan ke dalam cawan petri kemudian hancurkan dan tambahkan air netral serta aduklah hingga rata
  3. Ambillah tanah humus kira-kira 1 sendok makan dan hancurkan kemudian masukkan kedalam cawan petri kemudian hancurkan dan tambahkan air netra serta  aduklah hingga rata.
  4. Tunggulah hingga air kembali menjadi jernih dan ukurlah berapa PH atau derajat keasaman air tanah terdebut
  5. Tulislah berapa besarnya PH atau derajat keasaman kedua contoh tanah tersebut dalam tabel
No

Jenis tanah

PH

Asam atau Basa

Subur atau Tidak subur

1 Tanah kebun sekolah

6

Asam

Tidak subur

2 Tanah humus

8

Basa

Subur

Pertanyaan:

Dari dua contoh tanah diatas, jenis tanah manakah yang subur bagi tumbuhan hijau? Jelaskan mengapa demikian.

Jawab:

Tanah humus, karena tanah humus mengandung zat organik yang banyak dibutuhkan oleh tumbuhan.

Kegiatan 4

Tujuan : menentukan kandukan air dalam tanah atau daya serap tanah terhadap air

Alat dan bahan:

  1. Gelas ukur                       : 1 buah
  2. Corong plastik                           : 1 buah
  3. Kantung plastik               : 3 buah
  4. Kertas saring                  : 3 lembar (15 cm X 15 cm)
  5. Timbangan
  6. Kertas Koran
  7. Tabung erlemeyer            : 1 buah
  8. Air bersih                       : 300 ml
  9. Pisau

10. Tanah kebun sekolah        : 100 gram

  1. Pasir                               : 100 gram

12. Tanah humus                    : 100 gram

Permasalahan:

  1. Jenis tanah manakah yang paling tinggi dapat menyiman air?
  2. Jenis tanah manakah yang paling sedikit menyimpan air?

Mari kita selidiki melalui dua cara

Penyelidikan pertama:

  1. Ambillah tanah basah dari kebun sekolah sebanyak 100 gram, kemudian jemurlah di atas kertas Koran hingga kering
  2. Ambillah pasir basah sebanyak 100 gram kemudian jemurlah di atas kertas Koran hingga kering
  3. Ambillah tanah humus sebanyak 100 gram kemudian jemurlah di atas kertas Koran hingga kering
  4. Timbanglah kembali tanah dan pasir yang sudah kering
  5. Hitunglah daya serap tanah terhadap air dengan rumus sebagai berikut:

Daya serap tanah       =   X 100 %

Tanah kebun sekolah  =   x 100%

= 1%

Tanah humus              =  x 100%

= 50%

Tanah pasir               =  x 100%

= 0,5%

Penyelidikan cara kedua:

  1. Siapkan tabung erlemeyer yang kering
  2. Siapkan corong plastik dan lapisilah menggunakan kertas penyaring dan letakkan di atas gelas erlemeyer
  3. Tuangkan tanah yang sudah dikeringkan pada cara pertama di atas corong plastic yang telah dilapisi dengan kertas penyaring , kemudian tuangkan air sebanyak 100 ml secara perlahan-lahan. Tunggulah hingga tidak ada lagi air yang menetes ke dalam tabung erlemeyer.
  4. Ukurlah jumlah air yang menetes ke dalam masing-masing tabung erlemeyer
  5. Hitunglah daya serap tanah terhadap air dengan rumus sebagai berikut:

Daya serap tanah =  X 100%

ü  Tanah kebun sekolah = x 100%

=x 100%

= 55%

ü  Tanah humus = x 100%

=x 100%

= 40%

ü  Pasir             =x100%

=x 100%

=25 %

Pertanyaan:

  1. Sebutkan 3 ciri tanah yang subur bagi tumbuhan hijau
  2. Sebutkan 3 cara mempersiapkan kebun supaya tanahnya menjadi subur
  3. Sebutkan 3 cara merawat tanaman di kebun sekolah agar tumbuhan dapat tumbuh subur

Jawab:

  1. Struktur tanahnya bagus yaitu: 1.  butir-butir tanahnya renggang tak terlalu besar dan tdk terlalu kecil, Punya garam-garam dalam jumlah banyak sebagai bahan makanan dan tumbuhan 2. Punya persediaan air yg cukup (zat hara)3. Tanahnya berwarna coklat kehitam-hitaman.
  2. 1. Lahan dibersihkan dari sisa-sisa tanaman atau perakaran dari pertanaman sebelumnya, 2. Tanah dibajak atau dicangkul sedalam 30 – 40 cm, kemudian dikeringkan selama 7 – 14 hari. 3. Pada tanah yang pH-nya masam, bersamaan dengan pemberian pupuk kandang dilakukan pengapuran sebanyak 100 – 125 gram/tanaman.
  3. 1. Disiram setiap hari (pagi dan sore)
    2.Di beri pupuk kandang
    3.Di bersikan dari hama pengganggu

Tanggapan

  1. keren uyyy tugas kamu….bagus gw suka gaya LOe

  2. format tulisannya y dirapikan lg…biar tambah ok


Tinggalkan Balasan ke pgsdunib Batalkan balasan

Kategori