Oleh: zendrohareflen | Juni 13, 2013

RPP BAHASA INDONESIA “MEMBACA”

Micro Teaching

Perangkat Pembelajaran

“Bahasa Indonesia”

Kelas/Semester :IV/1

 

LogoUnib

 

VI A

 

Dosen Pengampu:

Drs. SYAHRIL YUSUF, M.Pd

 

Disusun :

Zendro Hareflen (A1G010044)

 

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS BENGKULU

2013

SILABUS

Satuan Pendidikan                : SD

Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia

Fokus                                     : Membaca

Kelas / Semester                    : IV/I

Standar Kompetensi            : 3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedia

Kompetensi Dasar                : 3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedia melalui membaca memindai

Indikator

Materi

Kegiatan Pembelajaran/nilai pembentuk karakter

Alokasi Waktu

Penilaian

Sumber Belajar/alat

Kognitif Produk:

  1. Menjelaskan pengertian makna, informasi dan kamus (C2-faktual)
  2. Menemukan makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C4-faktual)
  3. Menemukan kata sulit yang terdapat dalam wacana dan maknanya dalam kamus (C4-faktual)
  4. Membuat kalimat secara tertulis dengan menggunakan kata-kata sulit (C3-konseptual)

Kognitif Proses:

  1. Membaca konsep tentang pengertian makna, informasi dan kamus (C1-faktual)
  2. Mengidentifikasi makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C1-faktual)
  3. Membaca wacana untuk mengidentifikasi kata sulit yang terdapat dalam wacana dan menemukan maknanya sesuai dengan makna dalam kamus (C3-faktual)
  4. Menjelaskan makna kata-kata sulit yang terdapat dalam wacana (C2-faktual)

Afektif Membangun Karakter

  1. Bekerja sama dengan baik dalam mencari kata sulit yang terdapat dalam wacana (membentuk pendapat/mengelola)
  2. Menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain (toleransi/menghayati)
  3. Melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab (mematuhiaturan/menerima)
  4. Mempu berkomunikasi secara lisan (bersahabat/komunikatif/mengompromikan/menanggapi)

Psikomotor

  1. Mengidentifikasi kata dan maknanya yang terdapat dalam kamus (memanipulasi)
  2. Melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
Menemukan Makna dan Informasi
  • Siswa mengiden-tifikasi kata sulit dari bacaan.
  • Siswa membaca kamus sesuai dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencari arti kata.
  • Siswa mencatat arti kata-kata sulit
  • Siswa membuat kalimat. menggunakan kata-kata yang sulit.

 

8  x 35 menit
  • Tes : Tertulis
  • Non tes : Lembar observasi, penugasan
-    Kurikulum KTSP SD

-    Silabus Mata Pelajaran Kelas IV

-     Umri, Nur’aini. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SD untuk kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SD

Mata Pelajaran                     : Bahasa Indonesia

Fokus                                     : Membaca

Kelas / Semester                    : IV/I

Standar Kompetensi            : 3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedia

 

  1. A.    Kompetensi Dasar        

3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedia melalui membaca memindai

  1. B.     Indikator

Kognitif Produk:

  1. Menjelaskan pengertian makna, informasi dan kamus (C2-faktual)
  2. Menemukan makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C3-faktual)
  3. Menemukan kata sulit yang terdapat dalam wacana dan maknanya dalam kamus (C4-faktual)
  4. Membuat kalimat secara tertulis dengan menggunakan kata-kata sulit (C3-konseptual)

Kognitif Proses:

  1. Membaca konsep tentang pengertian makna, informasi dan kamus (C1-faktual)
  2. Mengidentifikasi makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C1-faktual)
  3. Membaca wacana untuk mengidentifikasi kata sulit yang terdapat dalam wacana dan menemukan maknanya sesuai dengan makna dalam kamus (C3-faktual)
  4. Menjelaskan makna kata-kata sulit yang terdapat dalam wacana (C2-faktual)

 

Afektif Membangun Karakter

  1. Bekerja sama dengan baik dalam mencari kata sulit yang terdapat dalam wacana (membentuk pendapat/mengelola)
  2. Menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain (toleransi/menghayati)
  3. Melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab (mematuhiaturan/menerima)
  4. Mampu berkomunikasi secara lisan (bersahabat/komunikatif/mengompromikan/menanggapi)

Psikomotor

  1. Mengidentifikasi kata dan maknanya yang terdapat dalam kamus (memanipulasi)
  2. Melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
  3. C.      Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kognitif Produk:

  1. Diberikan penugasan siswa dapat menjelaskan pengertian makna, informasi dan kamus dengan tepat (C2-faktual)
  2. Diberikan LDS Siswa dapat menemukan makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C4-faktual)

Kognitif Proses:

  1. Melalui penugasan siswa diberi kesempatan membaca konsep tentang pengertian makna, informasi dan kamus (C1-faktual)
  2. Melalui diskusi siswa mengidentifikasi makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C1-faktual)

Afektif Membangun Karakter

  1. Melalui diskusi kelas siswa dapat menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain (toleransi/menghayati)
  2. Melalui penugasan siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab (mematuhiaturan/menerima)
  3. Melalui diskusi kelas siswa mampu berkomunikasi secara lisan (bersahabat/komunikatif/mengompromikan/menanggapi)

Psikomotor

  1. Melalui penugasan siswa dapat melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun

Pertemuan 2

Kognitif Produk

  1. Diberikan wacana siswa dapat menemukan minimal 3 kata sulit yang terdapat dalam wacana dan maknanya dalam kamus (C4-faktual)
  2. Melalui bimbingan guru siswa dapat membuat kalimat secara tertulis dengan menggunakan kata-kata sulit (C3-Konseptual)

Kognitif Proses

  1. Melalui diskusi kelompok dan bimbingan guru siswa membaca wacana untuk mengidentifikasi kata sulit yang terdapat dalam wacana  (C1-faktual)
  2. Melalui penugasan dan diskusi kelompok siswa dapat menentukan makna kata sulit yang terdapat dalam wacana dan maknanya dalam kamus (C3-faktual)
  3. Melalui penugasan dan bimbingan guru siswa dapat menjelaskan makna kata-kata sulit yang terdapat dalam wacana (C2-faktual)

Afektif Membangun Karakter

  1. Melalui diskusi kelompok siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam mencari kata sulit yang terdapat dalam wacana (membentuk pendapat/mengelola)
  2. Melalui diskusi kelompok siswa dapat menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain (toleransi/menghayati)
  3. Melalui penugasan siswa dan diskusi kelompok siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab (mematuhiaturan/menerima)
  4. Melalui penugasan siswa dapat mampu berkomunikasi secara lisan (bersahabat/komunikatif/mengompromikan/menanggapi)

Psikomotor

  1. Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengidentifikasi kata dan maknanya yang terdapat dalam kamus (memanipulasi)
  2. Melalui penugasan siswa dapat melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
    1. D.  Materi
      1. Makna, Informasi dan Kamus
      2. Menjelaskan bagaimana menggunakan kamus.
      3. E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran

Pendekatan : Cooperative Learning.

Metode: Tanya jawab,  Penugasan, dan Diskusi Kelompok.

  1. F.     Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (3 x 35 menit)

Kognitif Produk:

  1. 1.    Diberikan penugasan siswa dapat menjelaskan pengertian makna, informasi dan kamus dengan tepat (C2-faktual)
  2. Diberikan LDS Siswa dapat menemukan makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C4-faktual)

Kognitif Proses:

  1. Melalui penugasan siswa diberi kesempatan membaca konsep tentang pengertian makna, informasi dan kamus (C1-faktual)
  2. Melalui diskusi siswa mengidentifikasi makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C1-faktual)

Afektif Membangun Karakter

  1. 1.    Melalui diskusi kelas siswa dapat menghormati sesama dan menghargai pendapat orang lain (toleransi/menghayati)
  2. 2.    Melalui penugasan siswa dapat melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab (mematuhiaturan/menerima)
  3. 3.    Melalui diskusi kelas siswa mampu berkomunikasi secara lisan (bersahabat/komunikatif/mengompromikan/menanggapi)

Psikomotor

  1. Melalui penugasan siswa dapat melaporkan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun

 

Pendahuluan (± 5 menit)

  1. Mengecek kesiapan siswa, ruang kelas, dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
  2. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya kepada siswa tentang arti dari beberapa kata, misalnya

1)   Anak-anak siapa yang tahu arti kata transportasi?

2)    Untuk mengetahui arti kata tersebut, kita dapat menggunakan apa?

  1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Kegiatan inti (± 55 menit)

  1. Siswa diberikan kesempatan untuk membaca konsep tentang pengertian makna, informasi dan kamus.
  2. Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang pengertian makna dan kamus
  3. Guru menjelaskan cara menggunakan kamus untuk mencari arti kata- kata sulit.
  4. Beberapa siswa diminta untuk mendemonstrasikan bagaimana menggunakan kamus dengan benar di depan kelas.
  5. Siswa membentuk kelompok berdasarkan kelompok yang telah ditentukan
  6. Guru membagikan LDS dan Siswa mendengar penjelasan guru tentang langkah-langkah dalam mengerjakan LDS.
  7. Siswa bersama dengan  anggota kelompoknya diminta untuk mencari makna kata yang terdapat dalam kamus
  8. Siswa mengerjakan LDS bersama teman kelompoknya dengan penuh tanggung jawab.
  9. Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LDS.
  10. Perwakilan kelompok diminta untuk  membacakan hasil LDS  yang telah dikerjakan ke depan kelas.
  11. Siswa  lain menanggapi hasil diskusi dari temannya yang menyajikan.
  12.  Guru memberikan penguatan  secara verbal dan non verbal kepada siswa yang mempresentasikan hasil LDS di depan kelas.
  13. Siswa diberi kesempatan bertanya mengenai materi yang belum jelas.
  14. 1.      Kegiatan Penutup (± 10 menit)
    1. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi pelajaran.
    2. Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa.
    3. Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa untuk mencari arti kata-kata sulit dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan kamus.
  15. G.      SUMBER BELAJAR
    1. 1.      Media: 
      1. Petunjuk menggunakan kamus yang ditulis pada karton.
        1. Kamus Bahasa Indonesia
        2. 2.      Bahan
          1. Kurikulum KTSP .
          2. Silabus Kelas IV.
          3. Umri, Nur’aini. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SD untuk kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
            1. H.    Penilaian

Tes : Tertulis

Non tes : Lembar observasi, penugasan

 

 

 

Bengkulu,          Juni 2013

 

 

 

 

ZENDRO HAREFLEN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1

Lembar Diskusi Siswa

Kelas                              :

Hari/tanggal                   :

Nama kelompok             :

Anggota                         :

Tujuan                            : Siswa dapat menemukan makna kata yang terdapat dalam kamus

Pokok Bahasan             :   makna kata yang terdapat dalam kamus.

Alokasi Waktu              :   25 menit.

Petunjuk                         :   Diskusikanlah soal ini dengan anggota kelompokmu!

 

Carilah makna kata di bawah ini dengan menggunakan kamus Bahasa Indonesia !

a. katalog                                                   f. konferensi

b. kampus                                                  g. grafik

c. ensiklopedi                                            h. ilmu

d. koran                                                     i. dosen

e. kamus                                                    j. kursus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 2

LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF PRODUK

 

 

Nama : ………………………………………..Kelas:………………………..Tanggal:…………………………….

Bentuk tes adalah definisi dari makna, informasi dan kamus serta makna kata yang terdapat dalam kamus

Petunjuk :

  1. Apa yang dimaksud dengan makna, informasi dan kamus?
  2. Carilah makna kata dibawah ini dengan menggunakan kamus Bahsa Indonesia!
    1. Curam
    2. Pakar
    3. Profesor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Lampiran 3

KUNCI PENILAIAN SISWA

 

Jawaban soal no 1: Apa yang dimaksud dengan makna, informasi dan kamus?

Skor Kognitif Proses Kognitif Produk

Afektif Membangun Karakter

Psikomotor

100

(bobot 4)

Membaca konsep tentang pengertian makna, informasi dan kamus (C1-faktual)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skor 20

Menjelaskan pengertian makna, informasi dan kamus (C2-faktual)

 

Makna adalah arti atau pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk Kebahasaan

Informasi adalah penerangan,  pemberitahuan, kabar atau berita tentang

Sesuatu

Kamus adalah buku yang memuat kumpulan istilah atas nama yang disusun

menurut abjad beserta penjelasan tentang makna dan pemakaiannya.

 

Skor 50

Menjawab pengertian makna, informasi dan kamus dengan tepat dan teliti

 

 

Memperkuat proses C3 faktual dan C3 konseptual

 

 

 

 

 

Skor 15

Menunjukkan sikap toleransi dan berani

 

 

Memperkuat proses C3 faktual dan C3 konseptual

 

 

 

 

 

 

Skor 15

 

Jawaban soal no 2: carilah makna kata curam, pakar dan professor dengan menggunakan kamus!

Skor Kognitif Proses Kognitif Produk

Afektif Membangun Karakter

Psikomotor

100

(bobot 6)

Mengidentifikasi makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C1-faktual)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skor 20

Membuat kalimat secara tertulis dengan menggunakan kata-kata sulit (C3-konseptual) Menemukan makna kata dalam kamus dengan cara membaca memindai (C4-faktual)

Curam, keadaan curah yang lurus ke bawah

Pakar, ahli

Professor, pangkat tertinggi di perguruan tinggi

 

 

Skor 50

Mematuhi langkah-langkah menggunakan kamus

 

 

Memperkuat proses C3 faktual dan C3 konseptual

 

 

 

 

 

 

 

Skor 15

Membuat kalimat dengan menggunakan kata sulit

 

 

Memperkuat proses C3 faktual dan C3 konseptual

 

 

 

 

 

 

Skor 15

 

NA (Nilai akhir) =

(skor jawaban no 1 x 4) + (skor jawaban no. 2 x 6)

10

 

Lampiran 4

LEMBAR PENGAMATAN PROSES

No

Nama Siswa

Aspek yang Dinilai

Total

Ketepatan

Pengomunikasian

Keberanian

           
           
           
           

 

 Deskriptor Penilaian :

Ketepatan

  1. Siswa mampu menentukan  dengan tepat definisi makna, informasi dan kamus
  2. Siswa mampu menemukan dengan tepat makna kata yang terdapat  dalam kamus
  3. Siswa mampu menggunakan kamus dengan tepat

Pengomunikasian

  1. Siswa mampu menyampaikan jawaban dengan lancar.
  2. Siswa mampu mengemukakan jawaban dengan bahasa yang santun.
  3. Siswa mampu mengemukakan jawaban dengan lantang.

Keberanian

  1. Siswa mau menyampaikan jawaban tanpa disuruh oleh guru.
  2. Siswa menyampaikan jawaban dengan percaya diri.
  3. Siswa menyampaikan jawaban dengan penuh semangat.

Kriteria Penilaian:

Diberikan nilai 3 bila semua deskriptor tampak.

Diberikan nilai 2 bila 2 deskriptor tampak.

Diberikan nilai 1 bila hanya 1 deskriptor tampak.

Diberikan nilai 0 bila tak satu pun deskriptor tampak.

Nilai akhir = Total Nilai x 100

                               9

 


LAMPIRAN 5

LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF MEMBANGUN KARAKTER

No

Nama Siswa

Aspek yang Dinilai

 

Total

Bekerja sama

Menghormati dan Menghargai

Tanggung jawab

Berkomunikasi
             
             
             
             

 

Deskriptor Penilaian

Bekerjasama :

  1. Siswa bekerjasama dengan baik.
  2. Siswa bekerjasama dengan anggota kelompok.
  3. Siswa mendengarkan dan memperhatikan pendapat anggota kelompok.

Menghormati dan Menghargai

  1. Siswa menghormati teman dan gurunya.
  2. Siswa menghargai pendapat temannya.
  3. Siswa menerima masukan dari guru dan temanya.

Berkomunikasi:

  1. Siswa berkomunikasi dengan bahasa yang santun.
  2. Siswa berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
  3. Siswa berkomunikasi dengan suara yang jelas.

Kriteria Penilaian:

Diberikan nilai 3 bila semua deskriptor tampak

Diberikan nilai 2 bila 2 deskriptor tampak

Diberikan nilai 1 bila hanya 1 deskriptor tampak

Diberikan nilai 0 bila tak satu pun deskriptor tampak

Nilai akhir = Total Nilai x 100

                               9


Lampiran 6

LEMBAR PENGAMATAN PSIKOMOTOR

No

Nama Siswa

Aspek yang Dinilai

Total

NA

Melaporkan hasil kerja siswa dengan menggunakan bahasa lisan yang santun. Menanggapi hasil kerja teman sekelas dengan menggunakan bahasa lisan yang santun.
           
           
           
           

 

Aspek Komunikasi:

  1. Kebahasaan
    1. Menggunakan kata, lafal dan intonasi yang tepat dan sesuai
    2. Menggunakan kalimat yang benar dan efektif
    3. Memberikan penjelasan yang logis dan sistematis
    4. Aspek Nonkebahasaan
      1. Mendengarkan dan memperhatikan lawan bicara
      2. Tidak memotong pembicaraan dan menanggapi pembicaraan setelah dipersilahkan
      3. Bersikap sopan dan tidak berbicara ketika orang lain sedang berbicara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 7

Materi pelajaran

1. Makna dan Informasi

Makna adalah arti atau pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan. Jadi, makna merupakan maksud dari sesuatu. Kamu dapat memahami dengan  mengartikannya, misalnya makna dari diam adalah tidak bersuara. Informasi adalah penerangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu. Jadi, informasi merupakan sesuatu yang bersifat pemberitahuan. Kamu jadi tahu dengan adanya informasi, misalnya di Aceh terjadi tsunami.

 

  1. 2.        Menemukan Makna dan Informasi

Kamus adalah buku yang memuat kumpulan istilah atas nama yang disusun menurut abjad beserta penjelasan tentang makna dan pemakaiannya. Apabila ingin mencari makna sebuah kata, kamu dapat menemukannya di kamus. Ada berbagai jenis kamus, misalnya Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kamus Bahasa, dan Kamus Ekonomi. Dalam menemukan makna ada cara tersendiri dalam pencarian pada kamus.

Membaca memindai adalah melihat dengan cermat dan lama dengan memindai bacaannya. Tujuannya adalah untuk mengetahui maksud bacaan. Coba kamu perhatikan contoh kata-kata dalam kamus berikut ini.

Aman, tentram

Amanat, pesan

Amat, sangat, sekali

Ambruk, roboh, jatuh

Anggur, nama jenis buah-buahan

Bangau, sejenis unggas berleher panjang

Bangga, berbesar hati

Benar, betul

Cap, merek, setempel

Curam, terjal, keadaan curah yang lurus ke bawah

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: